Alobi Foundation Peringati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional Bersama Bangka Flora Society

Alobi Foundation Peringati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional Bersama Bangka Flora Society

Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) diperingati setiap tanggal 5 November pada setiap tahunnya. Adanya peringatan HCPSN ini digagas pertama kali oleh Presiden Soeharto melalui Keputusan Presiden Nomor 4 tahun 1993 tentang Satwa dan Bunga Nasional. Pada kesempatan kali ini yaitu pada tahun 2021, pemerintah menjadikan pidada dan koral sebagai maskot HCPSN 2021.

Dalam rangka memperingati HCPSN, Alobi Foundation turut merayakan dengan menghadiri kegiatan yang di selenggarakan oleh Bangka Flora Society sebagai bentuk kecintaan terhadap keberadaan flora dan fauna khususnya yang berada di wilayah Kepulauan Bangka Belitung. Acara yang berlokasi di Sungai Upang, Bangka ini diselenggarakan pada hari Minggu (07/11). Berbagai kegiatan seperti penanaman Pohon Simpadan, Penanaman Tanaman Air Tawar Lokal Cryptocorine Sp hingga Pelepasan Burung Lokal.

Adanya kegiatan ini juga turut didukung dan dihadari oleh pemerintah dan BUMN seperti PLN Peduli, Bangka Flora Comunity, DLH Bangka, , Yayasan Ikan Endemik Bangka Belitung The Tanggokers, hingga para akademisi seperti Himaserda Universitas Muhammadiyah.

Melalui adanya acara peringatan HCPSN 2021 ini kami berharap dapat lebih berperan aktif dalam usaha penyelamatan flora dan fauna serta dapat meningkatkan kepedulian akan pentingnya flora dan fauna. Semoga melalui peringatan ini dapat menumbuhkan rasa kepedulian seluruh lapisan masyarakat untuk turut menjaga dan melindung eksistensinya ditengah tengah kehidupan bermasyarakat.

 

 

Salam Lestari !

Penulis : Kila Nurtjahya dan Langka Sani

Leave a Reply