Pelepasliaran Elang Bondol dan Penanaman Pohon Bakau di Desa Juru Seberang, Belitung

Pelepasliaran Elang Bondol dan Penanaman Pohon Bakau di Desa Juru Seberang, Belitung

Dalam rangka memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) yang di peringati setiap 5 November, Alobi Foundation bersama dengan BKSDA Sumatera Selatan dan PT. Timah Tbk melaksanakan kegiatan pelepasliaran satwa liar dilindungi serta penanaman simbolis pohon bakau di Desa Juru Seberang, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung pada Kamis (25/11).

HCPSN  diperingati sebagai bentuk apresiasi akan kehadiran flora dan fauna di Indonesia serta meningkatkan kepedulian seluruh lapisan masyarakat untuk melestarikan dan melindungi flora dan fauna di Indonesia. Pada kesempatan kali ini tim yang terdiri atas Alobi Foundation, BKSDA Sumsel dan PT. Timah Tbk. melepasliarkan satwa liar berjenis Elang Bondol (Haliastur indus) sebanyak 2 ekor di kawasan Hutan Lindung Pantai yang memiliki luas 752 Hektar.

Pelepasliaran Elang Bondol ini juga telah melalui proses persiapan yang cukup matang seperti adanya persiapan sebelum pelepasliaran (pra), saat pelepasliaran dan setelah pelepasliaran (pasca). Pada tahap pra pelepasliaran, tim telah melakukan berbagai tahapan seperti menguji kelayakan lokasi pelepasliaran, kondisi lokasi dan habitat serta ketersediaan pakan di lokasi pelepasliaran. Pada tahapan ini, satwa juga telah melalui proses rehabilitasi dan identifikasi kelayakan untuk dilakukan pelepasliaran di Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Alobi Kampoeng Reklamasi serta pengecekan kondisi kesehatan. Pada saat pelepasliaran tim juga mempersiapkan dengan matang dalam hal teknis pembuatan kandang dan pemindahan satwa dari sangkar ke tempat habituasi. Proses pemantauan juga dilakukan oleh tim dalam menentukan keberhasilan proses pelepasliaran (pasca).

Pada proses pelepasliaran dan penanaman pohon bakau ini, founder Alobi Foundation, Bapak Langka Sani sebagai perwakilan dari tim sangat mengapresiasi kepada BKSDA Sumsel dan PT. Timah yang yang turut mensukseskan rangkaian kegiatan dalam memperingati HCPSN 2021. Adanya Kegiatan ini juga turut di dukung oleh Bupati Belitung berserta Jajarannya, Balai Karantina Pertanian Kelas II Pangkalpinang, Dlh Kab Bangka Tengah, KPHL Belantu Mendanau,Kepala UPB Timah Belitung, PT. PLN (Persero), HKm Seberang Bersatu.

Melalui adanya kegiatan pelepasliaran satwa liar berjenis Elang Bondol serta penanaman secara simbolis pohon bakau di Pulau Belitung sebagai bentuk apresiasi dalam Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional 2021 tim sangat berharap dapat menginspirasi seluruh masyarakat untuk turut melestari flora dan fauna yang ada di Indonesia khususnya di Pulau Bangka Belitung.

 

 

Salam Lestari !

 

Penulis :

Langka Sani

Kila Nurtjahya

Leave a Reply