Selamat Hari Alam Liar Sedunia (World Wildlife Day)

Selamat Hari Alam Liar Sedunia (World Wildlife Day)

Hari Alam Liar Sedunia atau World Wildlife Day merupakan sebuah peringatan yang bertujuan meningkatkan kesadaran akan keragaman hayati dunia, baik flora maupun fauna. Adanya hari khusus yang diperuntukan bagi alam liar ini di peringati setiap tanggal 3 Maret yang ditetapkan oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tanggal 20 Desember 2013.

Maraknya ancaman – ancaman khusunya bagi fauna seperti adanya perburuan liar, penurunan jumah hutan dan perdangan liar menjadi salah satu faktor utama populasi satwa liar semakin tahun semakin menurun jumlahnya. Adanya pembukaan lahan secara ilegal untuk perkebunan sawit, pertambangan, pertanian dan pembangunan secara besar-besaran juga menjadi ancaman akan ketersediaan pakan dan lahan bagi satwa liar. Hal ini menunjukan tidak tercapainya prinsip Pengelolaan Hutan Berkelanjutan (PHB) yang juga mendukung adanya perlindungan terhadap keanekaragaman hayati dan sumber daya alam (WWF Indonesia)

Pada tahun 2021 ini peringatan World Wildlife Day mengusung tema “Forests and Livehoods : Sustaining Peope and Planet” yang apabila diterjemahkan menjadi “Hutan dan Mata Pencaharian: Keberlanjutan untuk Manusia dan Planet. Adanya tema ini bertujuan untuk menekankan peran hutan, jenis flora dan fauna yang terdapat di hutan, serta ekosistem untuk mempertahankan mata pencaharian masyarakat (greeners.co).

Melalui tema ini kita diingatkan akan pentingnya praktik pengelolaan hutan yang bekelanjutan, mengikuti kaidah-kaidah yang ada untuk menjaga hutan dan ekosistemnya agar tetap lestari dan dapat mengakomodasi kesejahteraan masyarakat dalam jangka panjang.

Salam Lestari !

Penulis : Kila Nurtjahya

Sumber : www.greeners.co

WWF Indoensia (www.wwf.id)

Leave a Reply