Alobi Foundation Kembali Lepasliarkan 2 Ekor Kukang

Alobi Foundation Kembali Lepasliarkan 2 Ekor Kukang

Menindaklanjuti adanya laporan warga desa Pedindang, Bangka Tengah mengenai adanya temuan 2 ekor kukang, tim Animal Rescue Alobi Foundation melakukan pelepasliaran kembali ke habitat (15/04). Sebanyak 2 ekor kukang yang terdiri atas induk dan anakan hasil serahan warga di kembalikan ke habitat alami di salah satu kawasan konservasi di Pulau Bangka. Kukang hasil serahan warga tersebut telah melalui proses pengecekan dan monitoring kesehatan fisik dan perilaku.

Adanya proses tersebut merupakan prosedur yang wajib di lakukan sebelum dilakukan pelepasliaran satwa. Kajian mengenai lokasi pelepasliaran juga telah di lakukan oleh tim Alobi serta Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumsel. Pelepasliaran di lakukan oleh beberapa tim gabungan yang terdiri atas Alobi, BKSDA Sumsel, DLH Bangka Tengah serta mahasiswa.

Adanya pelepasliaran kembali ke habitat alami merupakan salah satu faktor yang berpengaruh dalam menaikkan jumlah populasi satwa serta berperan dalam mengembalian fungsi ekologis dan biologis satwa liar yang di kembalikan ke habitat alami.

Tim sangat mengapresiasi adanya peran aktif dari masyarakat serta dukungan dari pemerintah akan upaya penyelamatan dan pelestarian satwa liar. Melalui adanya kegiatan ini, tim berharap dapat memberikan pesan dan edukasi bagi seluruh lapisan masyarakat akan pentingnya melestarikan sumber daya alam terutama satwa liar, baik yang dil indungi maupun yang tidak di lindungi.

Salam Lestari !

Penulis : Kila Nurtjahya

Leave a Reply